Bulan Aksi MeSRA Segera Tiba

Keluarga Peduli Pendidikan (KerLiP) memulai kampanye dan advokasi pemenuhan hak atas pendidikan di Bandung dan sekitarnya pada 6 April 2002 dalam bentuk Pesta Pendidikan Keluarga Teladan atau Pekan. Pelaksanaan Pekan sejalan Week of Action yang diprakarsasi Global Campaign for Education (GCE). “Guru dan orangtua SD Hikmah Teladan memeriahkan Pekan dengan membuat slogan-slogan pendidikan untuk Pawai Damai Artistik di sekitar Gedung Sate. Kami juga menggelar sekolah terbuka di lapangan rumput depan museum perangko sebelum membuka panggung gembira bagi anak-anak berkebutuhan khusus. Saung Angklung Ujo melengkapi kegembiraan anak-anak yang melaksanakan pawai dengan menggunakan pakaian daerah. Sungguh menyenangkan dan tak terlupakan, “ujar Yanti Sriyulianti yang juga menyampaikan tentang teguran yang diterima perkumpulan yang didirikannya karena anak-anak berpawai membawa suara orang dewasa. “Teguran tersebut menghubungkan kami dengan para pegiat hak anak di Indonesia. Kami pun menyambut Undang-Undang Perlindungan Anak Nomor 23 tahun 2002 dengan gembira, “kata perempuan yang menjadi Ketua Umum KerLiP pada periode 2014-2019.

Beningnya Suara Anak

Sahabat KerLiP pun berkomitmen penuh untuk memperdengarkan suara anak dalam setiap kesempatan. Tumbuh bersama demi kepentingan terbaik anak menjadi prinsip gerakan keluarga peduli pendidikan yang sudah menyebar ke seluruh pelosok Negara Kesatuan Republik Indonesia jelang usia 20 tahun.

Tim Sigap KerLiP adalah badan otonom Perkumpulan Keluarga Peduli Pendidikan yang dibentuk pasca erupsi Gunung Sinabung. Tim Sigap KerLiP menggelar Bulan aksi menuju Sekolah Ramah Anak (MeSRA) pada 20 April-20 Mei 2014 dalam rangkaian program GeMBIRA bersama KerLiP di Kabupaten Karo dan Kota Bandung. Tim Sigap KerLiP menargetkan ada 100 anak yang menjadi pelopor kebaikan bersama 100 ibunda dan 10 guru panutan melaksanakan Giat Edukasi Ramah Anak, Sehat, Hijau, Inklusi, dan Aman Bencana bersama keluarga (Gerashiaga) di Bulan Aksi MeSRA 20 April-20 Mei 2019.

Beningnya suara anak akan kembali diperkuat melalui 5 langkah Gerashiaga:

  1. Ananda menyiapkan Tas Siaga Bencana bersama ibunda
  2. Ananda bersama ayah, bunda, kakak, adik melaksanakan giat #SiapUntukSelamat di rumah pada Hari Kesiapsiagaan Bencana 26 April, praktik 6 langkah Cuci Tangan Pakai Sabun sebelum makan, menutup rapat keran air, sarapan sehat, halal, dan baik, diet plastik dan 3R, menghemat listrik, menanam dan merawat tanaman
  3. Ananda membuat vlog 2 menit asyiknya gerashiaga di bulan aksi MeSRA
  4. Ayah bunda mengaktifkan paguyuban orang tua kelas untuk anak lebih cerdas berkarakter (Potluck)
  5. Potluck menyimak vlog ananda dan bersama menyusun papan mimpi “Sekolah Ramah Anak idaman kita”

Ayo gerashiaga bersama 50 juta anak bangsa. Daftar daring sekarang juga di https://siaga.bnpb.go.id

Leave a comment